Kamis, 21 Juli 2016

Cara Membuat ISO Windows XP Bootable dari Sebuah Windows yang Terinstal

Jika komputer Anda sudah dipasang dengan Windows XP, tetapi tidak disertai dengan CD instalasinya, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara memasang ulang Windows jika terjadi sesuatu. Untungnya, Anda dapat membuat cakram instalasi Windows XP dengan berkas di hard drive Anda. Ikuti panduan ini untuk mempelajari caranya.

Metode 1 dari 2: Membuat Folder

 

  1. Buat sebuah folder baru. Untuk mempermudah, namai dengan WINXP dan letakkan di root dari hard drive Anda. Panduan ini akan mengasumsikan bahwa Anda telah membuat “C:\WINXP\”. Folder ini sementara akan menjadi rumah bagi instalasi Windows. 



    2. Salin berkas instalasinya. Untuk membuat cakram bootable dari folder Windows Anda, Anda harus memiliki folder i386 pada komputer Anda. Anda dapat menemukannya di root dari hard drive instalasi Windows Anda. Biasanya berada di C:\i386\.
    • Salin folder tersebut ke folder WINXP yang Anda buat di langkah pertama. Pastikan bahwa Anda menyalin dan bukan memindahkan berkasnya. Untuk memastikannya, klik kanan pada folder i386 dan pilih Copy. Arahkan ke folder WINXP, klik kanan, dan pilih Paste. berkas akan mulai disalin. Tergantung pada kecepatan komputer Anda, ini bisa memakan waktu beberapa menit.
    • Setelah menyalin, Anda akan memiliki folder i386 di folder WINXP Anda. Direktorinya akan terlihat seperti C:\WINXP\i386\.


     
    3. Buatlah berkas teks Windows. Arahkan ke folder WINXP dan klik kanan di jendelanya. Pilih New, kemudian Text Document dari submenu. Ini akan membuat dokumen teks baru di folder WINXP. Dalam dokumen teks, ketik "Windows" tanpa tanda kutip, dan tambahkan satu spasi sesudahnya. Tekan tombol Enter sekali.
    • Klik Save dan tetapkan nama berkas sebagai "WIN51". Sertakan tanda kutip untuk memastikan bahwa berkas tersebut disimpan tanpa diberi ekstensi.




    4. Buatlah salinan yang sesuai. Tergantung pada versi Windows yang Anda pasang, Anda harus membuat salinan tertentu dari berkas yang baru saja Anda buat. Semua berkas yang Anda buat harus berada di dalam folder WINXP.
    • XP Home: Buatlah salinan dari berkas yang bernama WIN51IC.
    • XP Home SP1: buatlah berkas di atas ditambah berkas yang bernama WIN51IC.SP1
    • XP Home SP2: buatlah berkas di atas ditambah berkas yang bernama WIN51IC.SP2
    • XP Home SP3: buatlah berkas di atas ditambah berkas yang bernama WIN51IC.SP3
    • XP Pro: Buatlah salinan berkas yang bernama WIN51IP.
    • XP Pro SP1: buatlah berkas di atas ditambah berkas yang bernama WIN51IP.SP1
    • XP Pro SP2: buatlah berkas di atas ditambah berkas yang bernama WIN51IP.SP2
    • XP pro SP3: buatlah berkas di atas ditambah berkas yang bernama WIN51IP.SP3


    5. Tanamkan pembaruan SP terbaru. Jika Anda pernah meng-upgrade instalasi Windows XP Anda dengan Service Pack, maka Anda harus meng-upgrade instalasi Anda. Ini karena meskipun sistemnya sudah di-upgrade ketika Service Pack dipasang, berkas instalasinya tidak ikut di-upgrade.
    • Unduh berkas instalasi Service Pack dari Microsoft. Pastikan untuk mengunduh paket yang terakhir dipasang. Panduan ini akan mengasumsikan bahwa Anda menanam SP3. Ubah nama berkas yang Anda unduh menjadi XPSP3.EXE dan letakkan di root drive C: agar mudah diakses.
    • Buka command prompt. Klik start dan pilih Run ... Ketik "cmd" ke dalam kolom dan tekan enter. Ini akan membuka command prompt. Ketikkan perintah berikut dan tekan Enter:

      C:\XPSP3.EXE /integrate:C:\XPSETUP


    Metode 2 dari 2: Membakar CD-nya

    1. Unduh boot sector Windows. Anda dapat mengunduh boot sector Windows secara legal dan gratis dari berbagai tempat di internet. Pastikan Anda mengunduhnya dari sumber yang terpercaya, dan Anda mengunduh boot sector Windows XP dalam bahasa yang tepat.
    • Letakkan image boot tersebut di root drive C: Anda. Ini biasanya bernama w2ksect.bin. Ini akan dibutuhkan selama proses pembakaran.



    2. Unduh dan pasang ImgBurn. Ada berbagai program gratis yang bisa membuat cakram bootable. Panduan ini mengasumsikan Anda menggunakan ImgBurn. Anda harus melakukan penyesuaian pada pengaturan program itu sebelum Anda mulai membakar.





    3. Sesuaikan pengaturan Anda. Buka ImgBurn dan alihkan ke mode Build. Di menu output, pilihlah apakah Anda ingin membakar ke cakram kosong atau membuat image di hard drive Anda.
    • Seret dan letakkan folder WINXP Anda ke ImgBurn.
    • Pilih tab Options. Ubah File System ke ISO9660 + Joliet. Pastikan Anda sudah mencentang Recurse Subdirectories.
    • Pilih Advanced Tab kemudian pilih tab Bootable Disc. Centang kotak Make Image Bootable. Pilih None (Custom) dari menu dropdown Emulation Type. Klik ikon Folder dan pilih berkas w2ksect.bin yang Anda unduh tadi. Ubah nilai Sectors To Load dari 1 menjadi 4.


    4. Klik tombol Write/Build. Konfirmasikan perubahan yang telah Anda buat untuk pengaturan di atas. Masukkan label yang Anda inginkan untuk cakram tersebut. Proses pembakaran akan dimulai. Waktu yang diperlukan akan bervariasi tergantung pada kecepatan pembakar CD Anda. Setelah prosesnya selesai, CD Anda akan berfungsi seperti CD instalasi Windows XP bootable seperti biasanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar