Senin, 25 Maret 2013

Cara Memperbaiki FD yang RUsak


Anda pernah mengalami saat mencolokkan FD, FD tidak terbaca sama sekali alias tidak terdeteksi oleh system operasi Anda? 

Atau meskipun terdeteksi oleh windows tetapi setelah di properties ternyata menunjukkan kapasitas 0 byte padahal FD Anda berukuran 4 GB? 

Nah tahukah Anda bahwa ada Cara Memperbaiki FD Rusak dan Bermasalah?



Dalam kasus ini kami akan memaparkan sebuah kasus tentang FD dengan merk Transcend yang terdeteksi oleh windows tetapi terbaca hanya 0 byte dan keluar jendela peringatan “Please insert a disk into drive H:”misal dalam kasus ini drive FD terdeteksi di drive H.

Nah Ada beberapa alternatif cara untuk menyelesaikan masalah FD Anda. ikutilah langkah-langkah berikut ini sebagai  Cara Memperbaiki FD Rusak dan Bermasalah tersebut :


Alternatif Cara 1 : Memanfaatkan Fasilitas Format HP USB Disk Storage Format Tool 
Anda bisa mencoba untuk memformat menggunakan software tools HP USB Disk Storage Format Tool. Software HP USB Disk Storage Format Tool ini dapat Anda download secara bebas melalui internet. Meskipun diperuntukkan FD produksi HP, tools ini bisa sangat membantu Anda. Namun jika tetap tidak bisa menyelesaikan masalah ini, bisa Anda lakukan alternatif cara berikutnya.

Alternatif Cara 2 : Menggunakan Software untuk memperbaiki FD.
Alternatif kedua ini adalah dengan memanfaatkan beberapa tools atau software yang dapat dipakai dalam mengatasi permasalahan FD yang rusak. Anda dapat mendownload software atau tools berikut ini :
     - Super Stick Recovery Tools
     - Low Level Format
     - Seatools for Windows
Jika software atau tools diatas masih saja tidak bisa memperbaiki Anda. Anda tidak usah berputus asa, masih ada satu yang mengatasi FD yang terdeteksi dengan kapasitas 0 kb ini. Yuk kita simak cara terakhir kita.


Alternatif cara 3: Melakukan Reprogram ulang IC Controller FD
Nah cara ini adalah melakukan low level format USB FD sekaligus memflash atau melakukan program ulang terhadap IC Controller FD. Namun, Anda harus melakukan pembongkaran casing FD untuk melihat type dari IC controler dari FD Anda. Dalam kasus ini misal IC Controllernya adalah ALCOR-AU6986. Maka carilah di google software tools reprogram untuk IC tersebut seperti software AlcorMP_UFD untuk IC ALCOR-AU6986. 

Nah inilah step by step yang harus Anda lakukan menggunakan program AlcorMP_UFD tools ini untuk memperbaiki FD bermasalah kita (pastikan Anda telah mendownload program AlcorMP_UFD untuk IC ALCOR-AU6986 disini atau disini. Ukuran filenya kurang lebih 3,536 KB.
  • Ekstrak file yang telah kita download tadi.
  • Jalankanlah file ALCORMP.EXE dengan cara klik dua kali.
  • Pilihlah menu setup, apabila keluar jendela password klik OK saja,
  • Gantilah Scan Mode menjadi Low Level Format. 
  •  
  • Kemudian klik Start(A) untuk memulai prosesnya, dan tunggulah sampai proses selesai.
  • Setelah berhasil format ulang sekali lagi FD Anda menggunakan fasilitas Format bawaan Windows.
Nah, FD siap dihidangkan lagi hehe

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar